Minggu, 17 Januari 2016

Sekilas inpoh : Skripsi Part 1

Skripsi. Udah gak asing dong yah? sampe banyak banget tuh novel novel fiksi tentang skripsi. julukannya dari mulai skripshit sampe skripsweet. Shit atau sweet itu ya tergantung yang jalanin sih.
Buat para siswa dari TK sampe SMA mungkin kata skripsi ini terdengar keren. Tapi percayalah, bagi mahasiswa skripsi itu menjadi momok yang menakutkan. Apalagi mahasiswa semster akhir. Pertanyaan seputar skripsi tentang apa? sampe mana? kapan wisuda adalah pertanyaan paling Danger! Mungkin yang nanya itu tidak tahu seberapa sulit menciptakan mahakarya bernama SKRIPSI. Dimulai dari pencarian judul hingga revisi-revisinya.
Nah, berhubung aku juga mahasiswa semester akhir yang sedang menjalani skripsi ini aku mau share dong tentang apa itu skripsi, bagaimana menyusun skripsi, kapan harus mulai mengerjakan skripsi, mengapa harus ada skripsi, dan yah pertanyaan seputar skripsi gitu deeh, cekidooot!
Skripsi. 
  • Apa itu skripsi? Menurut KBBI skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persayaratan akhir pendidikan akademisnya.Sementara  menurut  Buku pedoman penulisan dan penyususunan skripsi pengertian skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah, berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku dalam suatu bidang ilmu tertentu. dari kedua definisi diatas maka aku tarik kesimpulan bahwa skripsi adalah suatu karya tulis yang didasarkan pada data data empiris hasil penelitian sebagai bagian dari persayartan untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi mempuanyi kakak bernama Tesis dan juga Disertasi. Jika skripsi ditujukan untuk mahasiswa S1 maka Tesis dan Disertasi ditujukan untuk mahasiswa jenjang S2 dan S3. 
  • Lalu, bagaimana cara membuat skripsi?Langkah pertama dan paling utama, tentukan topik! Kamu mau bahas apa? Contohnya begini, Saya mau membahas tentang Pendidikan. Pendidikan kan luas saya persempit lagi, menjadi bidang psikologi pendidikan. sekarang kamu sudah punya pegangan topik. Maka kamu maju kelangkah berikutnya. Yaitu penentuan judul. Judul kalau kamu memang jenius ciptakan sendiri. Kalau kamu kreatif maka kamu bisa gabung-gabungkan judul penelitian yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, kamu baca dua buah skripsi. Lalu kamu pisahkan variabel-variabel dari masing masing skripsi. setelah itu kamu jodohkan secara silang deh, dan dapatlah judul penelitian baru. Ini namanya pemnafaatn belajar peluang. Topik sudah, judul sudah. sekarang kamu tinggal cari fakta-fakta penguatan untuk menunjang skripsi deh. dan itu akan menjadi sebuah latar belakang. langkah berikutnya? aku bakal share lagi ya...
Anyeong....


EmoticonEmoticon