Minggu, 16 Agustus 2020

Latihan Soal Penyelidikan IPA

 1. Perhatikan beberapa peristiwa berikut.

        1) Musim kemarau panjang menjadi penyebab terjadinya peristiwa kekeringan di                            suatu daerah.

        2) Perubahan iklim yang ekstrem dapat mempercepat pelapukan batuan.

        3) Beruang hitam di meksiko membutuhkan waktu hingga beberapa minggu untuk                         berhibernasi.

        4) Trenggiling mengalami kepunahan akibat perburuan liar yang dilakukan oleh                              manusia.

        5) Peristiwa mencairnya es di kutub disebabkan oleh adanyakenaikkan suhu di                                permukaan bumi.

        Peristiwa yang termasuk dalam gejala abiotik ditunjukkan oleh angka . . . .

        a. 1), 2), dan 4)

        b. 1), 2), dan 5)

        c. 1), 3), dan 4)

        d. 1), 3), dan 5)

2. Raifa ingin melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah. Sebelum melakukan percobaan Raifa mengatakan kepada teman-temannya bahwa cahaya matahari akan memengaruhi pertumbuhan kecambah. Perkataan Raifa tersebut sebenarnya menunjukkan proses keterampilan IPA berupa keterampilan . . . .

        a. Mengamati

        b. Memprediksi

        c. Menyimpulkan

        d. Mengomunikasikan

3. Sekelompok peserta didik melakukan pengamatan ciri fisik beberapa jenis tanaman yang sudah disediakan oleh guru. Mereka mendapatkan beberapa data pengamatan berikut.

        1) Dalam setiap buah rambutan terdapat 1 biji

        2) Bunga sepatu memiliki mahkota berjumlah 5.

        3) Batang tanaman melati memiliki struktur yang keras.

        4) Daun tanaman mangga memiliki panjang sekitar 20 cm.

        5) Daun pepaya mempunyai jenis pertulangan daun menjari.

        6) Tanaman padi mempunyai akar serabut yang berwarna cokelat.

        Pengelompokkan data pengamatan yang menunjukkan data kualitatif dan kuantitatif  berikut yang benar adalah . . . . .

        a. Kuantitatif : 1), 2), dan 4). Kualitatif : 3), 5), dan 6)

        b. Kuantitatif : 2), 3), dan 5). Kualitatif : 1), 4), dan 6)

        c. Kuantitatif : 3), 5), dan 6). Kualitatif : 1), 2), dan 4) 

        d. Kuantitatif : 3), 4), dan 6). Kualitatif : 1), 2), dan 5)

4. Riski ingin mengamati pengaruh pemberian senyawa alelopati dari beberapa ekstrak tanaman terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Oleh karena itu, Riski membuat beberapa kelompok percobaan seperti berikut.

        1) Kelompok 1 : diberi senyawa alelopati dari ekstrak buah pinus

        2) Kelompok 2 : diberi senyawa alelopati dari ekstrak akar jagung

        3) Kelompok 3 : diberi senyawa alelopati dari ekstrak daun alang-alang

        Ketiga kelompok percobaan diatas menggunakan tanaman kacang hijau yang sudah berumur satu minggu. Pemberian ekstrak tanaman penghasil senyawa alelopati dilakukan satu kali dalam sehari di waktu yang bersamaan. Percobaan dilakukan selama dua minggu. Dalam waktu dua minggu, Riski melakukan pengamatan terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, warna batang, dan warna daun. Variabel terikat pada penelitian yang dilakukan Riski adalah . . . .

        a. Tinggi tanaman, jumlah daun, warna batang, dan warna daun

        b. Ekstrak buah pinus, ekstrak akar jagung, dan ekstrak daun alang-alang.

        c. Umur tanaman kacang hijau, frekuensi penyiraman, dan waktu pengamatan

        d. Tinggi tanaman, jumlah daun, warna batang, warna daun, dan jenis tanaman                               penghasil alelopati.

5. Perhatikan grafik hasil pengamatan tentang pengaruh cahaya matahari terhadap laju pertumbuhan tinggi batang tanaman kangkung berikut. 

         

        Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan grafik tersebut adalah . . . .

        a. Cahaya matahari menghambat pertambahan tinggi batang tanaman kangkung

        b. Laju pertambahan tinggi batang tanaman kangkung lebih cepat di tempat terang

        c. Batang tanaman kangkung hanya dapat tumbuh ditempat yang gelap

        d. Pertambahan tinggi batang tanaman kangkung tidak dipengaruhi oleh cahaya

6. Pernyataan berupa opini dan fakta yang benar ditunjukkan oleh  . . . .

        a. Opini : suhu permukaan bumi pada tahun 2018 meningkat sebanyak 0,83°C

                Fakta : daun tanaman bayam pada pengamatan hari terakhir berjumlah 5 helai.

        b. Opini : sakit perut pada anak-anak biasanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan                  makanan.

                Fakta : kegagalan pembuatan nata de pina diduga karena terinfeksi jamur.

        c. Opini : kekurangan vitamin A menyebabkan penyakit rabun senja.

                Fakta : kadar protein pada putih telur kemungkinan lebih banyak dibandingkan                          kadar protein pada tempe.

        d. Opini : seorang pengamat menduga bahwa air cucian beras dapat menyuburkan                        tanaman.

                Fakta : semua hewan yang termasuk dalam kelompok Mammalia memiliki kelenjar                  mammae.

7. Karbohidrat merupakan senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dalam sistem pencernaan, karbohidrat akan dirombak oleh enzim menjadi glukosa. Glukosa inilah yang nantinya digunakan dalam proses pembentukan energi. Oleh karena itu, sangat disarankan mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi. Beberapa bahan makanan yaang mengandung karbohidrat antara lain gandum, padi, ketela pohon dan kentang. Setiap bahan makanan tersebut mengandung karbohidrat dalam jumlah yang berbeda. Langkah metode ilmiah yang dapat dilakukan Fania untuk mengetahui konsentrasi kandungan karbohidrat pada setiap bahan makanan tersebut adalah . . . .

        a. Mencari fakta-fakta tentang jumlah kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam                   beberapa bahan makanan dari sumber terpercaya

        b. Membuat sebuah dugaan terkait jumlah kandungan karbohidrat di beberapa bahan                   makanan berdasarkan informasi yang telah di dapatkan

        c. Melakukan wawancara tehadap pihak-pihak yang memiliki informasi tentang                              jumlah kandungan karbohidrat pada bahan makanan

        d. Melakukan eksperimen untuk mengetahui secara pasti jumlah kandungan                                    karbohidrat di setiap bahan makanan menggunakan uji kuantitatif

8. Sir Isaac Newton merupakan salah satu fisikawan yang menemukan berbagai teori dan hukum fisika. Salah satunya adalah teori tentang gravitasi. Munculnya teori tersebut diawali saat Newton melihat apel yang jatuh tegak lurus dari pohon. Peristiwa tersebut memunculkan berbagai pertanyaan dalam pikiran Newton. Berdasarkan peristiwa tersebut Newton melakukan penelitian hingga akhirnya menemukan teori tentang gravitasi. Berdasarkan uraian tersebut, dasar ditemukannya konsep tentang teori gravitasi adalah sikap ilmiah yang dimiliki Newton berupa . . . .

        a. Jujur

        b. Bekerja sama

        c. Selalu ingin tahu

        d. Terbuka dan fleksibel

9. Dedi melakukan penelitian kandungan gizi yang terdapat pada dua produk makanan yaitu makanan A dan makanan B. berdasarkan hasil uji diketahui bahwa produk makanan B lebih menyehatkan daripada produk makanan A. Walalupun Dedi suka mengonsumsi produk makanan A, dalam laporan hasil penelitiannya dia tetap menuliskan bahwa produk makanan B  memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Berdasarkan uraian tersebut, salah satu sikap ilmiah yang diterapkan Dedi adalah . . . .

        a. Objektif

        b. Ulet dan gigih

        c. Selalu ingin tahu

        d. Bertanggung jawab

10. Dalam melakukan penelitian di laboratorium, seorang peneliti tidak boleh membuang limbah bahan kimia berbahaya secara sembarangan ke lingkungan. Limbah tersebut harus dinetralkan terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa seorang peneliti harus memiliki sikap ilmiah berupa . . . .

        a. Bekerja sama

        b. Bertanggung jawab

        c. Terbuka dan fleksibel

        d. Gigih dengan disertai keyakinan

Untuk Pembahasan silahkan simak video berikut.




EmoticonEmoticon