Sabtu, 01 Agustus 2020

Review Film Alive

Park Shin Hye + Yoo Ah In’s Upcoming Zombie Film Reveals Chilling Posters And New Title
Sumber : https://bit.ly/3fjZ58i
Liat posternya udah fix kalo ini bakal bergenre thriller dan mirip mirip Train To Busan. Aku sendiri sebenernya sih takut sama genre beginian, cuman karena ini pilem korea ya udah ku tonton aja. 

Sinopsis singkat 

Film ini bercerita tentang dua orang yang berhasil selamat selama ada wabah aneh yang menyebar dan berkembang tak terkendali di suatu kota. Mereka mencoba bertahan hidup tanpa akses data seluler, sinyal, dan makanan seadanya.  

Fakta Drama 

Judul & Tahun rilis : Alive (살아있다) , 2020
Sutradara                 : Jo Il Hyung
Penulis                     : Matt Naylor, Jo Il Hyung

Pemeran 

Yoo Ah-In-p4.jpg
Yoo  Ah In sebagai Joon Woo
Park Shin Hye sebagai Yu Bin

Alur Cerita 

Diawali dengan Joon Woo yang bangun dan terkejut melihat kejadian aneh di depan apartemennya.  Semua orang berlarian dengan panik. Dia bahkan melihat adegan dimana seorang anak menggigit Ibunya dengan membabi buta, membuat Joon Woo langsung ketakutan dan segera mengunci pintu. Namun tiba-tiba saja seseorang memaksa masuk, dan ternyata orang tersebut sudah terinfeksi.

Aku agak kaget sih karena di menit awal film langsung disuguhi pemandangan tidak mengenakan. Apalagi dilanjutin sama lagu intronya yang semakin mendukung kengerian. Aku langsung mendadak mual, wuekeke. 

Setelah lagu pembuka selesai, kita bakal kembali disuguhi pemandangan tentang Joon Woo yang mulai galau. Hari pertama bertahan hidup. Minggu pertama bertahan hidup. Hingga akhirnya tanpa terasa sudah 20 hari Joon Woo bertahan hidup. Persediaan makanan dan minuman sudah habis. Sudah tidak ada air. Ditambah tidak adanya koneksi internet membuat Joon Woo semakin stress. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk bunuh diri. Untungnya aksi tersebut dicegah oleh Yu Bin.

Agak heran sih disini Park Shin Hye baru muncul setelah menit ke-39. Cuman disini aku merasa kayak banyak pelajaran idup banget. Secara gak langsung aku kayak nangkep pesan kalau salah satu penyebab keinginan seseorang untuk bunuh diri adalah karena kesepian. Dengan memiliki teman yang bisa merasakan hal yang sama kita bakal punya sedikit harapan buat kembali bertahan hidup.

Setelahnya di isi dengan cara mereka bertahan hidup. Bagaimana mereka terlihat sangat bersyukur dengan adanya hujan. Atau bahkan berkomunikasi dengan walkie-talkie. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dari tempat persembunyian masing-masing untuk mencari tempat yang lebih aman. Dan akhirnya mereka bertemu dengan orang lain yang juga bertahan hidup seperti mereka.

Sampai sini aku heran dan curiga sama Ajushhi yang nyelamatin mereka sih. Apakah dia itu sudah terinfeksi tapi masih belum terlihat indikasinya? Atau justru dia yang bikin orang terkena wabah aneh tersebut?

Hingga akhirnya, si Ajushi itu tidak selamat karena dimakan oleh istrinya yang sudah terinfeksi. Yu Bin yang merasa kembali putus asa mengajak Joon Woo mati dengan anggapan mereka mati sebagai manusia. Saat Joon Woo dan Yu Bin sedang frustasi mereka mendengar suara helikopter dan langsung muncul kembali harapan untuk hidup. Mereka akhirnya nekat menerobos para zombie untuk menuju atap gedung.

Pas di bagian akhir ini efek kejar-kejaran sama zombie-nya gak sekeren saat Yu Bin ke apartemen Joon Woo sih. Asli dah pas scene itu Yu Bin keren banget. Cuma pas akhir yang bikin deg-degan itu saat zombie semakin dekat, dan helikopter belom juga nongol. 

Sinematografi 

Ost :
Lagu pembuka filmnya semakin menambah ketegangan dan efek mual. Cuma di ending lagunya bikin semangat.
 1. Sail - inni

2. Break - Beenzino

Skenario :

Selama aku nonton film, dialog di film ini cuman sedikit. Yang lebih ditekankan itu kek efek ketegangannya. 

Best Moment :


Kesan & Pesan :

Kesan aku sama ini film adalah cukup bagus. Susana tegangnya dapet dah. Apalagi bagian dimana Yu Bin menghajar salah satu zombie pake semacem kapak gitu dan tangan si zombie langsung jatoh, wedew. Cuman yang anehnya itu ada fase dimana zombie saling memakan sesama zombie, zombie yang tertidur, dan zombie yang ngasih kode kalo ada manusia normal. Asli di sini kayak agak aneh aja sih. 

Pesan dari film ini  lumayan banyak yang aku tangkep. Mulai dari hidup harus punya harapan bahkan di saat kondisi tersulit sekalipun (misalnya aja kayak di saat pandemi covid-19, yang entah sampai kapan berakhir ini yang membuat beberapa orang mungkin mendapat pemotongan gaji atau bahkan kehilangan pekerjaan). Pesan lainnya adalah saat kita merasa kesepian, carilah teman, karena kesepian akan membuat kita dekat dengan kondisi depresi sehingga muncul pemikiran nekat untuk bunuh diri ( dengan syarat carilah teman yang memiliki permasalahan sama agar bisa saling mengerti dan memahami, ecieee). Pesan berikutnya adalah jangan terlalu gampang percaya sama orang yang baru kita temuin. 

Rating
⭐⭐⭐

Karena jantung aku ini gak strong-strong amat, aku sih cukup tau filmnya dan kemungkinan ga nonton lagi. Asli abis nonton langsung lemas. Ditambah Yoo Ah In oppa di sini jauh dari kata ganteng wuekeke.

Link Download 


EmoticonEmoticon