Selasa, 30 Juni 2020

From Single To Couple Part03

Part 03

Dan sejak tragedi itu, Anton sering banget anter jemput gue. Mulai dari yang hanya sekedar mengantar saat gue pulang dari Cafe Book Club, lalu dilanjut dengan menjemput. Lalu dia bagaikan ojek pribadi gue yang mengantar jemput gue kemanapun gue pergi. 

“Wah kayaknya bentar lagi bakal ada yang melepas masa single-nya nih,” Lelly langsung menyambut gue dengan celetukan begitu gue datang. 

“Uhuuuy, berarti hari ini kita ditraktir nih?” Vania langsung menyambut gegap gempita. 

“Mimpi kali yeee” gue langsung menghempaskan pantat ke sofa. 

“ Yeah gue harap lu gak kacang lupa kulit sih Ra, inget kan siapa yang rekomendasiin tuh tempat? Itu artinya gue punya andil besar dalam hubungan lu” seperti biasa Cila berceloteh panjang kali lebar kali tinggi.

“Helooouw jangan suka berhipotesis gitu deh. Gue ama dia baru aja kenal.” 

And so what?”

“Iyah, so what gitu loh, cinta kan gak mandang waktu” Lelly menguatkan ucapan Vania.

“ Mak, kalo emang ada rasa gak peduli lu kenal baru sedetik ya lu bakal jadian juga, lah kalo emang gak ada rasa macam lu ama boss lu kenal bertahun-tahun juga ya ga bakal jadian kan?” Vania langsung menjelaskan panjang lebar. 

“kalau ada rasa...” gue mengulang kata itu beberapa kali layaknya merapal mantra. 

“Ra, itu artinya harapan lu buat gak single lagi bakal segera terwujud.

"Selamat yah” Lelly langsung memeluk gue heboh. Ih nih anak berasa apa aja deh.

“Duh kalian bikin gue bener-bener ngarep” gue berkaca-kaca, serius gue merasa terharu. Apa bener sebentar lagi gua bakal melepas masa single? 

“Hidup harus penuh harapan, Ra. Semangat Miraaaa!” 

“Semangaaaat Miraa!” bagaikan dikomando, Vania dan Lelly mengepalkan tangan keatas.

God, semoga harapan gue ini segera menjadi nyata. 

4th Step : Improving skill, and see the magic! 

Gue harus meningkatkan, mengembangkan, dan memperbaiki skill. Entah soft skill ataupun hard skill. Yeah lagi-lagi jurus ini gue dapat dari majalah yang gue baca. Gue gak bakal tau itu sekedar hoax atau mujarab, sebelum gue nyoba sendiri kan? 

Walaupun sekarang gue sudah punya kandidat potensial buat dijadikan pacar-  menurut Vania- tapi tetep saja gue harus menjalankan step by step-nya hingga tuntas. Perlu dicatat, diingat dan digarisbawahi bahwa gue Almirah Ferdinand adalah tipikal orang yang konsisten. Single aja gue konsisten, hehehe. 

Dengan mantap gue mendaftarkan diri dalam berbagai jenis lembaga kursus. Kursus masak, kursus menyulam, kursus menjahit, bahkan kursus merangkai bunga. Dan gue gak berharap banyak kalau bakal ketemu jodoh ditempat kursus , tapi selalu ada kemungkinan kan? Misalnya saja ada cowok langka yang suka kegiatan feminin macam itu. Atau mungkin salah satu ibu-ibu peserta kursus memiliki anak lelaki tampan yang juga single, lalu berniat menjodohkan anaknya itu dengan gue. Atau kemungkinan lain adalah tutor kursusnya adalah chef ganteng – semacam chef Juna gitu- yang single? Bisa aja kan? Nothing impossible, okay? 

“Ma, Mira daftar kursus loh” gue nyeletuk saat keluarga sedang santai didepan TV. 

“Oh ya? Kursus apaan?” Mama langsung antusias, ditandai denga kadar kepongitis- penyakit selalu ingin tahu- yang meningkat tajam. 

“Kursus masak, menjahit, menyulam, merangkai bunga” dan persis setelah kalimat gue selesai, suasana mendadak hening. Hanya suara TV yang terdengar. 

“Eeeeh, kok pada diem sih?” 

“Mama gak salah denger kan?” 

 “Papa juga denger,” 

“Lu abis ngobat? Apa kesambet jin?” Reva bertanya sadis. 

“Mungkin dia harus dibawa ke dokter, Yang” Rio menimpali pertanyaan Reva. 

“Yeeee, seriusss nih” 

“Ciyuuus? Miapah?” Papa bertanya dengan gaya anak kekinian. 

“Aaaaargh, ini serius yang beneran serius,Pa, Super serius! Serius tingkat 

dewa!” 

“hahaha, abis Papa heran aja anak Papa yang males banget sama urusan begitu tiba-tiba aja ngomong kayak tadi,” 

“Lu kebelet nikah?” Reva langsung mengangkat topik yang berbeda. 

“Gila apa. cowok aja gue gak punya. Mau nikah sama siapa? Bantal?!” gue merengut sebal.

“Loh cowok yang tiap hari nganter jemput lu itu siapa?”

“Tukang ojek?” 

“Tukang ojek jaman sekarang pake acara maen kerumah pelanggan juga yah?” skakmat!

“Kan gue udah bilang, kita cuma temenan,” 

“Temen tapi mesra, ya Ra” Rio menimpali, sebagai balasannya bantal sofa melayang dengan sukses menimpa wajah rupawannya. 

“Eeeh, sudah sudah, kok jadi malah perang bantal sih?” Mama berusaha menghentikan kebrutalan gue. 

Gue cuma merengut. Dan Rio tersenyum sumringah terbebas dari siksa sang adik ipar.

“Kalau mau belajar masak sih gak usah repot-repot kursus, sama Mama kamu aja Ra. Lebih hemat kan?” aduh Papa mulai lagi deh pelitnya. 

“Iya, Papa bener banget tuh” Mama memang tipikal supporter terbaik deh. 

“Kalo belajar ama Mama, yang ada aku cuma kena omel” 

FYI,Mama gue itu orangnya super duper gesit. Nah kalo gue ato Reva mau bantuin, bukannya dapat pujian justru kena omelan, karena menurut pandangan Mama kita adalah makhluk lelet. Bisa dibayangkan dong kalo tutor masak gue itu adalah Mama? 

“Ya itu kan gara-gara kamunya lelet,” Mama membela diri. 

“Kalo lu mau kursus ajak Reva nih, ntar gue yang bayar deh” Rio langsung menawarkan solusi. 

“Ini bukan jebakan batman kan?” gue bertanya curiga, secara Kakak ipar gue ini suka iseng. 

“Hahaha, ya enggaklah. Ini tawaran super serius” Rio pasang tampang meyakinkan. 

“Okay deal nih ya?” gue menyodorkan tangan. 

“Deal” Rio langsung menyambut tangan gue erat. 

“Hey, hey, kalian gak nanya gue dulu?” Reva langsung protes, merasa tidak dianggap. 

“Gak perlu!” balas gue sadis. 

***** 

Sekarang gue makin sibuk. Agenda gue super duper padat. Mungkin jadwal Syahrini kalah padatnya dibanding jadwal gue. 

Sebelum ayam berkokok gue lari pagi, dan saat orang baru bangun gue sudah berkutat didapur menyiapkan kreasi sarapan ala gue. Gue bekerja tetep kayak orang kesetanan. Gue bahkan sering lembur – tentu saja karena upah lembur itu lumyan tinggi, bukannya karena gue suka lembur- rutin datang ke Cafe Book Club, dan saat weekend gue kursus ini itu. 

***** 

Hari ini Reva tidak bisa datang – tentu saja setelah mengemukakan berbagai alasan pada Rio sang donatur- alhasil gue terbengong sendirian diantara kerumunan emak-emak dan segala tetek bengek perlengkapan dapur. 

Tempat kursusnya gak selalu sama. Diadakan bergiliran diantara rumah peserta kursus. Jadi semacam arisan gitu. Alasannya sih biar ada suasana kekeluargaan yang akrab katanya. Yeah gue sih bodo amat, Mama juga bakal seneng banget kalau bisa ada teman bertukar pikiran soal dunia masak. 

Dan ini entah hanya halusinasi, atau mata gue udah minus parah, gue melihat Cowok Mahakarya berdiri disamping Tante centil waktu itu- dan dikerumuni ibu-ibu lainnya. Dia kelihatannya sama sekali tidak canggung berada diantara para emak- emak centil. Tentu saja, dia kan pacaran sama salah satu dari mereka jadi buat dia emak-emak adalah gadis seumurannya. Gue cuma menyindir dalam hati. 

“Hey, ngelamun aja” Sebuah suara mengagetkan gue. 

“Ngapain lu disini?” saking terkejutnya sama kehadiran Anton gue ngomong tanpa mikir. 

“Mau nemenin kamu” Katanya dengan senyum imut yang tak lepas dari bibirnya.

“Boong banget,” gue gak percaya, meski muka gue sudah merah merona saking senengnya. 

“Hahaha, emang,” melihat mata gue yang menuntut penjelasan lebih dia melanjutkan,” aku mau nganterin peralatan masak Nyokap, gak nyangka juga bisa ketemu kamu,” 

Gue mangangguk-angguk macam burung tekukur. 

“Loh, kalian saling kenal?” tiba-tiba saja Bu Menik – tutor kursus- sudah berada diantara kami. 

“Iya, Ma, Namanya Mira,Ma,” dan Anton langsung memperkenalkan gue. 

“Tentu aja Mama udah tau,” ucap Bu Menik seraya memberikan senyum penuh arti ke arah gue. “Eh, tapi biasanya Mba Mira sama Mba Reva?” 

“Hmm, iyah Bu, dia lagi ada keperluan” jawab gue seadanya. 

“Kebetulan dong, nih mending kamu temenin Mira, dia pasti canggung deh kalau gak ada temennya” Bu menik mengedip kearah gue, membuat gue salting.

“Siap, Boss!” Anton langsung memberikan hormat, membuat gue tersenyum. 

“Itu anak Ibu?”tiba-tiba salah seorang peserta kursus nyeletuk. 

“Iyah, ini anak saya yang pertama,” terang Bu Menik. 

“ Wah cakep yah kayak Ibunya,” puji sang ibu tulus. 

“Makasih loh, Bu,” Bu Menik tersenyum sumringah. “ Oh iya kita langsung mulai aja yuk,” dan sebelum berlalu Bu Menik kembali menghampiri gue, “ Mira titip anak Ibu yah,” 

Gue nyengir bingung mau balas ngomong apa. 

“Lu bisa masak?” gue mencoba memulai percakapan basa-basi, merasa canggung dengan kebisuan diantara kami.

“Enggak” 

“Sama sekali?” 

“Yeah kalo cuma masak air ato masak mie sih gue  bisa” 

“Ya ampuun ternyata bakat gak diturunkan yah?” gue mencoba bercanda. 

“Hahahaha,” dia langsung tertawa keras, membuat beberapa Ibu-Ibu menoleh penasaran.

“Trus kalo lu gak bisa masak, lu bantuin apa dong? Motongin sayur?” 

“Aku bantu doa” 

Dan gue langsung memukul pundaknya pelan, merasa gemas dengan jawabannya.

***** 

Hasil kursus masak gue hari itu nyaris gagal – yeah lebih tepatnya adalah kacau balau- karena Anton yang sok-sokan jadi asisten gak bisa membedakan mana garam mana gula. Gue sampai harus mengulang membuat adonan tiga kali. Adonan pertama asin. Lalu adonan kedua angus saat melalui masa pemanggangan. Dan percobaan dengan adonan ketiga, bantat! Tapi itu adalah yang terbaik diantara dua percobaan gue sebelumnya. Untung Anton punya bakat platting yang lumayan. Jadi kue bantet gue ter-cover oleh penampilan yang yeah ‟lumayan‟ cantik. 

Meski mengalami kegagalan, gue sama sekali gak merasa kesal, ingin marah, atau mengamuk membabi buta. Gue justru merasa bahagiaaa banget. Tahu dong penyebabnya apa? Yups. Anton. Duh ternyata begini yah rasanya kasmaran. Rasanya sudah berabad-abad lalu gue merasakan hal semacam ini. 

“Heh, ngapain lu cengar-cengir sendiri?” Lelly -yang entah sejak kapan-sudah berdiri dihadapan gue. 

“Kapan lu dateng?” 

“Tuuuh kan, lu bahkan gak nyadar dari tadi gue disini. Ada yang gak beres nih. Gue mengendus sesuatu disini” Lelly makin curiga. 

“Mengendus emangnya lu Pipo?” gue menyebut nama anjing gue yang sudah meninggal. 

Lelly tetap bertahan dengan aksi diam dan memandang gue penuh selidik. 

“Eh ke kantin yuk,gue laper banget nih,” 

“Ayook ayook” Lelly langsung antusias. Asli gue lupa kalau Lelly bakal lupa tentang apapun saat diajak makan. 

Horeeee, kali ini gue terbebas dari sesi interogasi. 

*****

 



EmoticonEmoticon