Kamis, 16 Juli 2020

Pengalaman Naik Kereta di Masa PSBB Transisi

Jadi ceritanya udah bosen banget kan di Jakarta, apalagi cuma mojok di kosan yang tanpa ventilasi berbulan-bulan. Ditambah kangen sama ponakan yang kadang lucu tapi seringnya nyebelin hehehe. Akhirnya aku nekat ke stasiun pada minggu dini hari. Dari kosan bela-belain berangkat jam 5 pagi, saat udara Jakarta masih dingin-dinginnya. Aku naik tije (setelah sekian purnama gak naik tije buat jarak jauh). Dan ternyata halte tije senen lagi di perbaikin. Buset. Akhirnya aku turun di halte Budi Utomo, trus balik arah naik tije jurusan Pulo Gadung. 

Pas di halte transit Kampung Melayu, aku udah ilang harapan buat pulang. Gimana gak? Banyak banget para satgas berseiweran. Dari yang tampang enak dipandang sampe yang tampak ngeri-ngeri seram. Dan pas liat jalanan aku baru ngeh. Ini kan minggu. pasti CFD. Duh, aku milih waktu yang gak tepat. 

Persentaseku buat pulkam langsung menurun drastis. Aku pikir bisa pulang ya Alhamdulillah, engga ya gapapa. Aku berusaha meyakinkan diri kalo bakal baik-baik aja.

Tibalah di Stasiun Senen. Setelah nyaris 1 semester gak bersua, ternyata penampakan Stasiun Senen berubah drastis. Aku menuju pintu utama. Trus celingukan bingung. Kok gak ada jalan buat pejalan kaki??? Dan aku nanya sama satgas (yang asli ganteng banget kayak oppa Kowrea). Trus dijelasin kalo aku harus lewat pintu dari tugu senen. Cuman aku gak tahu itu pintu Doraemon ada dimana. Jadi aku muter aja lewat pintu masuk motor. 

Sampai di stasiun aku langsung menuju ke pembelian loket. Belum juga berhasil menggapai gagang pintu udah ditahan ama petugas keamanan stasiun. 

Aku ditanya apa udah melengkapi syarat yang ditentuin. Tentu aja gak. Akhirnya akupun cuma duduk di bangku tunggu depan loket. 

Dan para calo travel mendadak muncul. Nawarin tumpangan dengan harga 300.000. Gilak. Aku aja lagi gak banyak duit. Kata mereka itu lebih murah daripada harus ngelakuin PCR atau Rapid test ya gak salah juga sih. 

Karena aku gak ngebet banget buat pulang aku abaikan saja tuh calo. Sampe akhirnya si calo kasih setengah harga! Setelah dua jam aku cuekin. Wah. Mayan banget gak tuh?

Akhirnyalah aku sampai kota kelahiranku dengan selamat sentausa.

Belajar dari pengalaman, ngurus SIKM, Rapid test dan sebangsanya aku pikir bisa aku cicil dalam seminggu. Sebagai pilihan aku cari info di grup mahasiswa daerahku tentang travel dari kotaku ke Jakarta. Dan travel resmi macam Bhinneka, Cipaganti, Ciremai Trans hanya melayani arah Bandung. Masih tersisa tiga kontak travel. Saat aku hubungi pihak travel menjelaskan kalau sistem dia door to door, alias bakal jemput ke rumah dan anterin ampe depan kosan. Harganya? Cuma 120.000. (Disaat pandemi harga 120.000 itu masuk murah menurutku gais, yah kecuali yang travel resmi). Aku seneng dong. Cuman aku bingungnya kok itu travel gak tanya aku siapa, alamatnya dimana? 

Tapi aku pikir aku gak perlu urus SIKM. Udah ada travel. Ternyata tuh travel gak bertanggung jawab banget. Pas hari H. Dia malah bilang gak ada yang ke arah tujuanku. Padahal pas dua kali aku telpon bilangnya tiap hari ada. Udah gitu aku yang harus ke pool. Lah ini sih namanya bukan door to door!

Aku kesel. Aku kontak travel lain. Ini lebih parah. Aku disuruh buru-buru ke pool, taunya sampe pool malah disuruh nunggu. Aku nunggu kedatangan travel ampe sejam. Dan pihak travel kalo dihubungi cuma jawab lagi otewe. Terlanjur kesel aku balik lagi kerumah dengan segembol barang bawaan.

Aku dengan kesal install JAKI, buat tes CLM. Soalnya aku baca di aturan pembuatan sikm kalo rapid test bisa diganti dengan CLM dengan keterangan aman bepergian. 

Penampakan JAKI setelah di install dari Play Store

Pilih JakCLM

klik Ikuti Tes

Tes disini gampang banget kok. Gak sesusah tes UTBK ato tes CPNS.

Hasil tes CLM dengan status aman bepergian

Tapi sayang seribu sayang. Pas aku melengkapi data di SIKM, ternyata banyak banget yang dibutuhin. Dan itupun masih tidak bisa. Krena alasan aku pulang dikatakan gak urgent menurut pihak mereka. Urgent itu kalo keluarga inti mati dan sebagainya. Hiks. 

Keesokannya aku langsung tancap gas ke stasiun. Tanya peraturan. Aku pikir kali aja selama 10 hari ini peraturan naik kereta agak longgar. Ternyata engga gais. Akupun langsung meluncur ke Rumah Sakit yang direkomendasikan pihak stasiun (yang untungnya lumayan deket dari stasiun) buat rapid test. 

Namanya RS Mitra Plumbon Indramayu. Ini RS masih baru. Aku dateng ke poliklinik. Dan ternyata aku antrian pertama. Saking paginya. Trus aku langsung suruh bayar ke kasir Rp. 295.000.

Setelah bayar aku langsung ke lab. Dan ternyata gampang banget gais. Sejam jadi ini si rapid test. Aku disuntik, diambil darahnya gitu. Berhubung aku emang lebih suka disuntik alih-alih minum obat kalo sakit ya buat aku disuntik itu rasanya ya B aja. Dan darah yang diambil juga gak sebanyak kalo donor darah kok. 

Hasil pemeriksaan rapid test

Terus kan bikin SIKM gak bisa. Temen aku nyaranin kalo mau aku turun aja di stasiun Bekasi. Dan ini berhasil gais. Bekasi kan masih Jawa Barat. So, gak perlu SIKM. Akhirnya aku berhasil membeli tiket kereta Tegal Ekspress seharga Rp. 45.000 ke arah Stasiun Bekasi. 

Dari Bekasi pesen ojol. Dan sampailah di kosan dengan selamat sentausa meski letih luar biasa. 


EmoticonEmoticon