Kamis, 25 Juni 2020

Sayur Asem Made In Rice Cooker

                                     Sayur Asem Made In Rice Cooker

Pengen pulaaaaang. Biasanya walau merantau aku gak mengeluh tentang hal satu ini. Tapi berkat WFH dan harus ngajar online dari jarak jauh aku merasa bosen dan jenuh. Biasanya kan bangun pagi, olahraga dikit, masak, nyapu, ngepel, dan benahin kasur, mandi terus berangkat kerja. Nyampe kosan malem. Tinggal mandi trus meluk guling sambil guling-guling. Pas WFH selama nyaris 4 bulan hidup aku cuma di dalam kamar kos. Lupa mandi. Lupa bangun pagi. Lupain itu ini. Dan jadi banyak waktu luang. Buanyaaaaak banget. Biasanya paling waktu luang sekitar 10 menitan. Bukan berarti gak ada istirahat. Cuman pas istirahat dipake buat makan, hahahoho sambil ghibahin orang. Sampe lupa pulkam dah. 

Nah ini? Sampe kangen berat. Apalagi sama masakan rumah buatan my mother 😭. 

Dengan pemikiran kalut, akupun memutuskan buat bikin sayur asem, salah satu sayur yang paling aku suka tapi di Jakarta justru langka (maksudnya di warung-warung makan yah).

Aku langsung menuju tukang sayur deket kosan. Dan beli bahan-bahan buat bikin sayur asem.
  1. Jagung (isian sayur asem paling favorit)
  2. Kacang tanah 1/4 (yang udah di kupas, ukuran 1/4 ini buat makan sendiri sehari dua kali bisa dipake buat 5 kali loh ya)
  3. Asem jawa 
  4. Cabe keriting 
  5. Bawang merah 3 siung
  6. Bawang putih 1 siung
  7. Garam
  8. Penyedap rasa
Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa aku gak beli satu bungkus bahan sayur asem plus bumbu sayur asem instan aja? Pertama, satu bungkus sayur asem itu isinya ada kol, labu, daun salam, melinjo, kacang tanah, sama jagung yang cuma beberapa potong. Dan yang aku doyan dari sayur asem cuma : kuahnya, jagung plus kacang tanah. Jadi mubadzir banget nanti kalo harus buang isian lainnya. Trus tentang bumbu sayur asem instan, alasannya karena buat aku rasa dari bumbu tersebut ada manis-manisnya. Dan aku gak terlalu suka makanan manis. 

Berikutnya adalah langkah eksekusi.
  1. Siapin panci rice cooker, isi air 1 L (tergantung porsi, ini karena yang makan aku sendiri dan cuma dimakan dua kali, kalo kebanyakan takut jadi gelonggongan)
  2. Tutup, tekan tombol cook dan biarkan sampai mendidih.
  3. Sambil menunggu air mendidih, potong jagung manis menjadi beberapa bagian.
  4. Ulek garam,  cabe, bawang merah dan bawang putih. 
  5. Rendam dan cuci kacang tanah.
  6. Buka tutup rice cooker dan masukan asam jawa, sambil diaduk.
  7. Masukan bumbu yang sudah diulek saat air sudah mendidih sambil diaduk
  8. Masukkan kacang tanah dan jagung, serta tambahin penyedap rasa. 
  9. Tutup rice cooker dan biarin selama 15 menit.
  10. Cek apakah jagung dan kacang tanah sudah matang. Jika sudah cabut colokan rice cooker.

Sayur asem + nasi + teri medan sambal matah

Saat buka sendirian di kosan dengan menu dadakan dan anget-anget ini rasanyaaa, enak coooy. 


EmoticonEmoticon