Selasa, 21 Juli 2020

From Single To Couple Final Part


Gue sebenarnya sudah merasa sembuh total, tapi berhubung jatah cuti gue sisa dua hari lagi gue bakal menikmatinya sebaik mungkin. Rumah sepi saat gue bangun. Rio, Reva dan Papa pasti sudah berangkat kerja. Mama? Yah paling beli sayur di depan kompleks seraya menggosip. Namanya juga emak-emak.

Saat lagi asyik leyeh-leyeh di sofa sambil menonton drama korea, mendadak bel pintu berbunyi. Duh siapa sih? Ganggu aja.

Dengan langkah terseret gue menuju ke arah pintu. Dan betapa kagetnya gue begitu melihat sosok yang berdiri dibalik pintu. Cowok Mahakarya! Ngapain dia disini?

“Mau ketemu siapa ya?”


Dia tersenyum, berusaha bersikap ramah “ Gue tetangga baru disebelah” dia menunjuk rumah percis disamping gue.
 

Aduh, kejutan macam apa lagi ini?
 
“Nyokap gue  nyuruh gue kasih ini,”


Gue langsung melihat tentengan yang dia bawa.


“Eeeh Nak Genta,” suara Mama gue membuat gue tersadar. “ Mira gimana sih, kok tamunya gak disuruh masuk ”

“Oh, iya silahkan masuk,” gue mempersilahkan dengan kikuk.


“Hmmm, gak usah deh. Gue kesini cuma mau ngenterin itu kok,”


“Loh, katanya mau jenguk Mira, Nak Genta gimana deh,” Mama memukul lengan si Cowok Mahakarya sok akrab.

Gue menunjuk dada gue, bingung.


“ Iyah, Nyokap gue denger tetangganya sakit jadi nyuruh gue jenguk,” Cowok Mahakarya – yang bernama Genta - berusaha menjelaskan.

“Ya udah ayok masuk-masuk,” dan Mama langsung menggandeng Genta akrab, meninggalkan gue terbengong didepan pintu.

*****


Setelah menginterogasi Mama gue, gue akhirnya mendapatkan informasi bahwa Cowok Mahakarya itu baru aja pindah ke rumah samping pas malam tahun baru, dia tinggal bertiga dengan Mama dan Tantenya. Dia seorang arsitek. Yeah kira-kira begitulah info yang berhasil Mama gali. Yang bikin gue heran adalah kenapa selama ini gue gak pernah melihat dia? Dia sudah pindah ke samping rumah delapan bulan yang lalu, dan rasanya janggal gue sama sekali gak menyadari keberadaanya.
 

Tiba-tiba saja hp gue bergetar keras, membuat gue yang sedang asyik berpikir terlonjak kaget. Nama My Consultant tertera di layar. Membuat gue buru-buru mengangkatnya.

“Hmmm, tipe cowok yang gue mau itu yang tinggi, putih, atletis, smart,,,” Gue manerangkan tipe cowo idaman gue pada sang konsultan sambil membayangkan Genta.

*****


“Wih mau kemana nih, pagi-pagi udah rapi jali?” Rio bertanya penuh rasa penasaran.

“Mau tau aja apa mau tau banget?”


“Dia mau nge-date, tuh Yang” Reva menjawab.


“Oh, udah move on nih?” Rio meledek gue.


Huh gini nih. Kalo curhat ke Reva pasti yang namanya rahasia bakal jadi bukan rahasia lagi. Ember bocor!

Tapi, kalimat Rio mau gak mau membuat gue kembali teringat Anton. Cowok yang bahkan sampai sekarang tidak pernah lagi menghubungi gue. Sekedar bertanya kabarpun tidak. Dia bagaikan menghilang ditelan bumi. Dan gue justru bersyukur karenanya. Gue gak perlu repot-repot menghindar.

“Sarapan sudah siap” Suara Mama membuat gue tersadar.


“Mira langsung jalan aja deh, Ma” dan seluruh keluarga langsung meberikan tatapan membunuh “ iye, iyee sarapan dulu deh”
 

Dan setelah selesai sarapan gue langsung pergi diiringi dengan ucapan semoga berhasil dari seluruh keluarga gue. Duh pokoknya i love my familly deh, hahaha.

*****


Gue sampai di tempat yang ditentukan -oleh konsultan jodoh gue- buat ketemu calon pertama. Gua bahkan belum sempat melihat gambar yang dikirim oleh konsultan gue. Ini gue lakukan bukan karena gue percaya 100% bahwa biro perjodohan ini menemukan cowok yang gue mau, tapi lebih karena penasaran karena tiba-tiba aja ada yang tertarik buat ketemu sama gue padahal gue baru saja bergabung.

Dan mata gue langsung menangkap sosok yang sudah gak asing lagi. Genta? Ngapain dia disini? Dia sepertinya tidak melihat gue saking seriusnya dengan gadget.

Gue pun langsung kembali fokus dengan tujuan gue kemari. Gue menuju bagian resepsionis untuk menanyakan reservasi atas nama Ramadhan, cowok yang mengajak gue ketemu hari ini.

Dan gue makin kaget saat Mbak pelayan membawa gue kearah Genta. What???

6th Step : Let‟s emancipation work!


“Jadi, cowok yang dating ama lu tetangga lu?” Lelly langsung berseru.


Gue sedang kumpul dengan ketiga teman gue, dan tentu saja kali ini topik pembicaraan adalh progress kencan buta gue.
 
“Yups!”


“Wah, kebetulan banget gak sih?”


“Emang, Van. Dan lu tahu apa yang lebih kebetulan?”


“Apa?” ketiga teman gue bertanya bersamaan.


“Dia cowok Mahakarya yang kita temuin pas gue beli gitar ituuu”


“Oooh, cowok yang kata lu suka ama Tante-Tante?”


“ No, ternyata itu emang asli Tantenya,”


“Wow! Kayaknya lu jodoh deh ama dia” Cila langsung membuat gue tersenyum ngarep.

“Gue juga ngarep Cil”


“Cieee, cieeee” dan ketiga teman gue langsung menyoraki gue.


Senyum gue makin lebar dan mengembang layaknya kue bolu yang kebanyakan baking soda.

“Trus trus progressnya udah sejauh mana nih?” Vania menelusur lebih lanjut.


“Yeah, sejauh dia sering ngajak gue jalan, sering maen kerumah gue, dan sejauh ini keluarga gue juga suka sama dia, terutama Mama gue”

“Itu udah lampu ijo banget tuuuh”


Ucapan Cila langsung membuat gue diem.


“Lah malah diem nih anak,” Vania menjawil dagu gue.
 
“Gue takut aja, “


“Takut?  Ama Genta?” Lelly bertanya bingung.


“Bukaaan, gue takut kalau gue terlalu ngarep ujung-ujungnya kayak waktu itu

lagi”


“Gue yakin 10000% ini beda, Mak”


“Yakin amat lu,”


“Percaya dah ama gue, “


“Iya lu pecaya aja ama Nenek, dia kan udah makan asam garam kehidupan percintaan, ya gak Nek?” Lelly langsung mendapat jitakan dari Vania, membuat gue dan Cila tertawa geli.

“ Nih, ya kasus Anton itu dia emang gak pernah menunjukkan gelagat dia suka sama lu secara gamblang dan eksplisit kan? Misal semacam ngajak date. Nah, Kalau Genta, dia dari awal aja udah niat buat date sama lu, kenal sama lu dan keluarga lu. So, gue yakin kalo Genta emang serius suka sama lu. He‟s totally

intersted with you babe” Vania menjabarkan argumennya.


“ Yeah, semoga aja,,”


“C‟mon, jangan gitu dong, mana Mira yang selalu positive thinking?”


“Oke, harus begitu. Gue yakin 100000% kali ini pasti berhasil. Puas lu pada?”


“Lumayan puas” Vania langsung membuat gue ingin menjitaknya. “Nah buat antisipasi biar lu gak jatoh di lubang yang sama buat kedua kalinya, kita butuh rencana”
 
“Hah? Rencana apaan lagi?”


“Lu harus lebih inisiatif!”


O-o nada Vania yang seperti itu artinya...


“Lu gak bisa bilang enggak” Lelly dan Cila kompak melanjutkan apa yang gue pikirkan.

“Inisiatif gimana dah, lu kalo ngomong jangan setengah-setengah kenapa,” gue mulai kesal.

“Maksud gue lu jangan cuma nunggu Genta yang ngajak jalan. Lu juga harus lakuin hal yang sama. Kalo lu kangen Genta lu jujur aja, ajak dia jalan. Maen ke rumahnya, lu bilang lu sama Tantenya Genta pernah ikut kursus masak bareng, nah tuh manfaatin deh, lu pake aja alasan mau belajar masak bareng Tantenya, lu juga jangan lupa deketin Nyokap Genta, bila perlu berdayakan juga Mama lu buat meluluhkan hati Nyokap Genta, biar jalan diantara lu berdua mulus macam rel kereta.”

“Lu tuh yang ngomong macam kereta. Gue ampe bingung” Lelly langsung protes.

“Ya gak masalah kalo lu yang bingung, yang penting Emak gak bingung.

Ngerti kan Mak?” Vania emang ratu tega deh. Kasian juga si Lelly, hahaha.


“ Intinya, gue gak boleh ragu buat ngajak jalan duluan ama sering maen

kerumah dia. Ya kan?”


Vania mengangguk puas, “ bila perlu lu juga bisa nembak duluan,”
 


“What??!”
 

“Loh emangnya kenapa? Ini kan udah jamannya emansipasi. Daripada si Genta keburu disamber yang laen, hayoo?”

“Tapi kan,,,”


“Udah gak pake tapi-tapi, kalo emang lu yakin tembak aja,”


“Setujuuu” Lelly dan Cila langsung mendukung penuh gagasan Vania.


*****


Gue berdiri ragu didepan pintu rumah Genta. Yup, kali ini misi gue adalah PDKT ke camer, hahaha. Genta sedang ada tugas luar kota jadi seminggu ini dia gak dirumah.

“Eh, ada Mira, ayo masuk masuk,” gue langsung mendapat sambutan hangat Mama Genta.

Bagai kerbau dicocok hidungnya, gue manut aja.


“Mmm, Ini Tan” gue menyodorkan sogokan yang udah gue siapin.


“Wah apa nih?”


“ Tadi Mira iseng-iseng bikin kue”gue menggigit bibir, grogi.


“ Kalo Mira yang masak pasti rasanya enak deh, “


“Hahaha, ya moga aja, Tan” gue jamin rasanya enak karena sesungguhnya itu kue buatan Mama, gue cuma jadi asisten.

“Kebetulan Tante Lena juga lagi masak-masak tuh didapur, Mira kenal Tante Lena kan? Katanya kalian ikut kursus masak bareng?”
 
“Iya, Tan, kenal, kok”


“Yaudah yuk, ikut bantuin Tante Lena. Dia pasti seneng deh punya partner masak kayak Mira”

Dan begitulah, seharian itu gue berkutat dirumah Genta. Dengan dua wanita yang Genta sayangi. Semoga saja gue bakal menjadi wanita yang ketiga. Amen.

*****


Tak terasa ini sudah tanggal 31 Desember. Dan itu artinya nanti malam adalah Tahun baru yang juga berarti hari ulang tahun gue. Umur gue bakal bertambah setahun lebih tua. 29 tahun. Dan gue masih juga single.

Genta sedang diluar kota sejak Natal kemarin. Dia beserta Mama dan

Tantenya berencana menghabiskan malam Natal dengan keluarga besar mereka di

Surabaya. Mungkin sampai tahun baru.


Gue meraih gadget gue yang seharian ini terlihat anteng.


“Hallo, Mak, ada apa?” terdengar suara Vania yang serak dari ujung saluran.


“Gue kangen,”


“Gue sih, No,” Vania berkata dengan lagak juri ajang pencarian bakat.


“Gue kangen Genta,,”


“Yeeee, sialan lu! Kenapa telpon gue???”


“ Ya trus gue harus gimana?”
 


“Ya telpon Genta lah, bilang lu kangen dia”
 
“Tapi gue gak berani, Nek” ungkap gue jujur.


“Alasan yang bikin lu gak berani?”


“Gue kan bukan pacarnya...”


“Oke, Mba Reva ada dirumah gak?”


“Ada, kenapa?‟ gue bingung dengan perubahan topik yang cepat ini.


“Kasih telponnya ke Mba Reva gih, gue mau ngomong ama dia,”


Meski bingung, gue turutin juga permintaan aneh bin ajaib Vania.


“Va, Vania mau ngomong ama lu nih,”


Reva mengerutkan dahi, meski begitu dia tetap menerima ponsel yang gue sodorkan.

Dan sedetik kemudian gue liat dia mengangguk-angguk. Cuma ada kata, oke, yang gue tangkap dari pembicaraan itu. Entah mereka merencanakan apa.

“Sini” gue meminta hp gue.


“Gue minta SMS yah”


“Kenapa gak pake hp lu aja sih,” gue merengut kesal setelah Reva mengembalikan ponsel gue.

Reva cuma tersenyum, membuat gue curiga.


Tapi kecurigaan gue langsung teralihkan oleh getaran hp. SMS dari Genta!


„I Miss You too Honey‟.
 
Aku langsung mengecek pesan sebelumnya.


„Aku kangen kamu...‟


Dan rasanya aku pengen mencekik Reva, yang masih cengengesan tanpa

dosa.


“Kata Vania era emansipasi gini lu harus lebih berani “ dan Reva langsung berlari menghindari serangan gue.

*****


7th Step : Ora et Labora


Sejauh ini gue sudah melakukan berbagai macam usaha, segala daya upaya.

Dan langkah yang tersisa adalah berdo‟a.


Gua yang biasanya harus diseret oleh teman-teman gue dan keluarga gue buat kebaktian. Sekarang datang dengan rajinnya.

Bahkan gak cuma berdo‟a, gue juga rajin beramal. Karena katanya doa orang teraniaya itu cepat dikabulkan – yeah walaupun gue heran kenapa do‟a gue belum juga terkabul padahal gue cukup teraniaya dengan siksa single ini – makanya gue rajin-rajin ngasih pengamen atau pengemis yang lewat. Padahal dulu gue selalu memandang negatif mereka, menganggap mereka adalah para pemalas yang hanya ingin hidup enak secara instan tanpa mau bekerja keras.

Intinya di tahap ini gue lebih banyak melakukan refleksi diri. Karena mungkin yang dibutuhkan untuk mendapat pacar bukan hanya sekedar inner beauty, tapi juga butuh outer beauty, walaupun itu terdengar bullshit.
 

Tapi kali ini gue bakal percaya sama kekuatan do‟a. dan menjelang tahun baru gue makin makin rajin berdoa.

*****


Gue menatap ponsel gue tanpa berkedip. Berharap akan ada pesan masuk dari Genta. Tapi nihil. SMS terakhir yang gue terima dari dia adalah pernyataan bahwa dia juga kangen sama gue.

Sambil berdo‟a dalam hati, gue menmberanikan diri menelpon Genta. Bodo amat diabakal mikir apa. waktu gue gak banyak, dua jam lagi sudah pergantian tahun dan itu artinya pertambahan usia gue juga, dan gue gak mau make wish tahun kemarin gagal. Itu sama sekali gak boleh terjadi.

Dan betapa kecewanya gue saat terdengar nada operator yang menyatakan bahwa nomor yang gue hubungi diluar jangkauan. Iiih kenapa Genta matiin hp disaat urgent gini sih? Gue langsung me nelungkupkan kepala gue kebantal. Merana.

*****


„3


2


1


Happy New Year.....‟


Seperti biasa, disaat kebanyakan orang merayakanTahun Baru, maka dirumah gue inilah yang terjadi.
 

~Happy  Birthday To You,
 
Happy Birthday To You,


Happy Birthday Mira sayaaang,


Happy Birthday To You ~


Mama, Papa, Reva, Rio serta ketiga teman gue menyanyikan lagu ulang tahun dengan kompaknya. Gue yakin mereka pasti melakukan gladi resik sebelumnya, hahaha.

“ Aku sayaaang Mama, Papa” Gue langsung menghambur kepelukan kedua orang tua gue.

“Loh gue enggak disayang nih?‟ Reva protes.


“Sabar dooong tunggu giliran,” ucap gue seraya tetap memeluk kedua orangtua gue. “ Yang lain juga harap sabar yah, kalau mau peluk artis fenomenal harus antri,”

Dan tak pelak, gue langsung dihadiahi cubitan dari berbagai sisi. Meski gue coba berlindung dibalik pelukan kedua orangtua gue, keganasan Reva dan ketiga teman gue tak bisa dibendung.

“Eh, kok gak ada kue sih?” Gue langsung heran karena gak ada satupun diantara mereka membawa kue ulang tahun seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Ya ampuuun, Mama lupa, kuenya masih didapur,” Mama langsung menepuk

jidat.


“Yaaaaaa” Sontak semuanya berseru kecewa.
 


“Yaudah ambil gih sono” Reva menyuruh gue.
 
“Lah, kan gue lagi ulang tahun, masa gue bawa kuenya sendiri, gimana sih?”


“Sesekali, gapapalah, Mak” wah sepertinya mereka semua berkomplot. Menyebalkan!

“Hush, hush” Lelly mendorong gue keluar pintu kamar.


Dengan kesal gue berjalan kearah dapur. Dan makin kesal begitu melihat ruang bawah gelap gulita. Gue meraba-raba tembok, berusaha mencari saklar lampu. Dan saat lampu menyala, gue melihat sosok yang selama ini gue rindukan. Gue mengucek mata gue, takut itu hanya delusi. Tapi sosok itu tetap berdiri disana. Dengan kue ulang tahun di tangannya serta senyum manis yang menghiasi wajahnya. Dia memang Genta!.

“Happy Birthday Almirah Ferdinand”


Gue cuma bisa diam dengan mata berkaca-kaca.


“Aku lupa nyalain lilinnya” Genta berjalan mendekati gue. Dan berhenti persis 20 cm didepan gue. Tangannya meraih saklar dan ruangan kembali gelap.

“Genta, kok lilinnya belom nyala juga sih”


“Sebelum kamu tiup lilin, ada hal yang harus kamu denger” bisik Genta persis didaun telinga gue, membuat gue bergidik.

“A-apa?”


“Would you be my girlfriend?”


Dan entah bagaimana, tiba-tiba saja ruangan kembali terang. Tapi ini bukan sinar lampu. Ini pendar lilin yang tersusun membentuk simbol love. Dengan Mama
 

dan Papaberada didalamnya. Ketiga teman gue masing-masing membawa karton bertuliskan „please‟ „be‟ „mine‟. Serta Rava dan Rio membuat simbol Love dengan tangan mereka.

“Terima, terimaaa terimaa” para supporter dadakan – yang sepertinya disuap Genta- itu berteriak heboh. Membuat gue tersenyum lebar.

Gue berjinjit, berusaha mencapai telinga Genta, dan membisikannya sebuah kalimat “Yes, i will”

Dan tanpa aba-aba, Genta langsung memeluk gue. Entah bagaimana nasib kue ulang tahun gue.

“Ecieeee, akhiiirnya ada couple baruuu”


“Cieeee”


“Selamaaat”


Yeah, it‟s time to say : God bye single....


EmoticonEmoticon