Selasa, 28 Juli 2020

Review Drama My Unfamiliar Familly

  
My Unfamiliar Family-tp2.jpg
Sumber : http://asianwiki.com/My_Unfamiliar_Family

FYI, ini drama baru banget tamat minggu kemaren. 

Baca judulnya, aku udah menebak kalau ini berkisar tentang masalah keluarga. Dan karena emang sejak nonton TWOTM aku gak terlalu suka sama genre yang meye-meye. Nah aku tonton deh. satu episode. Dua episode. Dan ternyata seru. Akupun langsung memutuskan buat ngikutin ini drama. Secara, gak banyak drama korea bertema keluarga yang episode-nya sedikit - biasanya bisa 50 bahkan sampe ratusan episode- cuma 16 episode.

Sinopsis singkat 

Drama yang menceritakan sebuah keluarga dengan tiga orang anak yang sudah besar dan sibuk dengan kehidupan mereka masing-masing. Kim Eun Hee  merupakan salah satu anak perempuan di dalam keluarga bekerja disebuah perusahaan penerbit. Eun Hee adalah anak yang periang dan selalu memberikan keceriaan saat bermain kerumah orangtuanya. Sementara Kim Eun Joo, kakak perempuan Kim Eun Hee adalah seorang pribadi yang kaku dan sudah menikah dengan seorang dokter bernama Yoon Tae Hyung. Kim Ji Woo, si bungsu selalu merasa kikuk berada di antara Ayah dan Ibunya. 

Fakta Drama 

Judul & Tahun rilis   : My Unfamiliar Family (가족입니다)
Sutradara                  : Kwon Young-Il
Penulis                      : Kim Eun-Jung

Pemeran 

Pemeran Utama        :

My Unfamiliar Family-Han Ye-Ri.jpg
Han Ye Ri sebagai Kim Eun Hee

My Unfamiliar Family-Kim Ji-Suk.jpg
Kim Ji Suk sebagai Park Chan Hyuk

My Unfamliar Family-Choo Ja Hyun.jpg
Choo Ja Hyun sebagai Kim Eun Joo

Won Mi-Kyung
Won Mi Kyung sebagai Jin Sook

My Unfamiliar Family-Jung Jin-Young.jpg
Jung Jin Young sebagai Kim Sang Shik

My Unfamiliar Family-Shin Jae-Ha.jpg
Shin Jae Ha sebagai Kim Ji Woo

My Unfamiliar Family-Kim Tae-Hoon.jpg
Kim Tae Hoon sebagai Yoon Te Hyung

Pemeran pendukung : 
My Unfamiliar Family-Shin Dong-Wook.jpg
Shin Dong Wook sebagai Im Geun Joo

Han Joon-Woo
Han Joon Woo sebagai Kim Sang Shik muda

Jo A-Young
Jo A Young sebagai Jin Sook muda

Lee Jong-Won
Lee Jong Won sebagai Hyo Seok (Barista)
My Unfamiliar Family-Hye Jeong.jpg
Hye Jong AOA sebagai Seo Young
Pemeran paling menarik : 
My Unfamiliar Family-Kwon Yool.jpg
Kwon Yool sebagai Yoo Min Woo
 

Alur Cerita 

Diawal aku langsung fokus sama Chan Hyuk. Saat episode awal aku mikir ini drama pasti bakal ada loveline antara Eun Hee sama Chan Hyuk. Secara mereka udah berteman selama 9 tahun! Yah walau di awal diceritain mereka sempet putus hubungan selama 3 tahun karena Eun Hee mikir Chan Hyuk belain Jong Min yang selingkuh. Trus aku juga mikir antara Eun Joo si anak sulung sama Tae Hyung pada akhirnya bakal jatuh cinta beneran, karena Tae Hyung cemburu dengan kedekatan Eun Joo dan si barista. Dan si bungsu bakal cinlok sama temen kantornya. Trus orangtua mereka akhirnya milih gak jadi 'lulus dari pernikahan' karena ketulusan cinta sang Ayah yang tulus saat mendadak kembali berumur 22 tahun.
 
Jadi pas awal nonton gitu aku fokusnya sama loveline dah. Dan tentu saja ama Ji Suk oppa, hehehe. So, aku berharap para pemeran utamanya ini akan mengalami kisah yang manis gitu. 

Saat pertengahan episode aku mulai dibuat bingung. Sebelumnya anak buah Chan Hyuk mengatakan kalau foto tidak bisa berbohong saat dia melihat foto Eun Hee di kotak pribadi Chan Hyuk. Tapi, Chan Hyuk justru melihat foto lain yang juga tersembunyi di dalam kotak. Foto pernikahan Eun Joo. Eun Hee juga mendadak menjadi tokoh yang nyebelin. Dia dengan sadar mau jadi selingkuhan wakil presiden baru di perusahaannya. Semakin terkaget saat barista datang ke rumah sakit suami Eun Joo dan mengatakan bahwa suami Eun Joo merebut pacarnya. Kayaknya kejutan belum cukup kalau belum ngomongin Ayah-Ibu mereka. Saat Sang Shik kembali berumur 22 tahun dan melupakan sebagian ingatannya, ada seorang pria yang memanggilnya 'Ayah' di saat ada Jin Sook. Dan Jin Sook yang mendadak dekat dengan pemilik toko buah. Belum lagi Ji Woo si bungsu yang tanpa sengaja mengetahui kalau kakak sulungnya ternyata bukan anak kandung Ayahnya.

Sampai pertengahan ini ceritanya masih bagus dan gak ngebosenin. Apalagi kisahnya emang relate banget buat aku yang merasa jadi anak tengah dari tiga bersaudara. Walau masalah jadi makin rumit karena banyak terungkap fakta-fakta mengejutkan. 

Menjelang episode akhir. Terungkaplah sebagian demi sebagian. Chan Hyuk yang menghormati Eun Joo dan menyayangi Jin Woo karena mereka adalah saudara Eun Hee. Yang artinya dugaan pertamaku bener. Chan Hyuk dan Eun Hee saling suka. Tae Hyung ternyata adalah seorang gay. Dan ini membuat Eun Joo yang selalu tenang akhirnya terpuruk dan kacau. Bagian ini aku terkejut sangat. Pria yang memanggil Sang Shik dengan sebutan 'Ayah' ternyata adalah korban tabrak lari saat Sang Shik masih muda. Sejak saat itu Sang Shik berpikir akan tanggung jawab penuh terhadapnya. Sementara pemilik toko buah yang dekat dengan Jin Sook adalah kakak iparnya. 

Aku pikir masalah sudah berakhir. Karena sudah mendekati akhir. Ternyata. Masalah klimaks justru muncul di dua episode terakhir. Saat di episode 14 ada adegan dimana grafik pada pasien monitor Sang Shik  berubah menjadi garis lurus panjang. Dan Ji Woo yang memutuskan pergi ke luar negeri. Saat kedua kakak mereka tahu mereka merahasiakan hal tersebut karena khawatir orangtua mereka cemas. Tapi Jin Sook justru tanpa sengaja menemukan surat Ji Woo dan sakit hati begitu tahu anaknya mengganggap keluarga hanya beban. Jin Sook pun memutuskan pergi dari rumah. Tapi sepeninggalnya Jin Sok, anak-anak selalu berdatangan dan terlihat kompak, menunggu kedatangan Jin Sook. 

Emang tipikal drama korea sih, klimaks dibawa nyaris sampe akhir. Tapi sumpah ini drama bikin terkesan banget.Kisah dari sahabat jadi cinta antara Eun Hee sama Chan Hyuk manis tapi gak berlebihan. Eun Joo yang jadi lebih pengertian. Sama si bungsu Ji Woo yang mendadak suka sama Seo Young. Tapi paling uwu adalah kisah pacaran Jin Sook sama Sang Shik. Kan aku jadi pengen orangtua aku buat pacaran lagi wuekekeke.

Sinematografi 

Ost :
Ostnya sesuai banget. Saat ada adegan sedih gitu jadi makin mewek pas denger ost-nya.

1. Family - Bumkey

2. Love Message - Sondia

3. My Day - GB9

4. When We Were Close - Kang Seung Sik (Victon)


5. Young Lovers - Jaeyeon

Skenario :
 
Karena ini drama tentang kelurga jadi aku coba bandingin sama tipe drama yang sama. Di drama kelurga lain kan biasanya itu orang tua suka mengkritik anaknya (macam di reply series) atau kadang suka mukul kepala anaknya. Disini kayaknya aku gak nemu adegan dimana Jin Sook atau Sang sShik kesel terus mukul anaknya. Disini malah ada scene yang Sang Shik nabung buat Eun Joo karena merasa berhutang. Trus disini juga antar saudara itu manggilnya dengan sapaan keluarga gitu. Biasanya kan Kakak bakal manggil adik, pake namanya macam Ji Woo-ya, tapi disini mereka selalu manggil  si bungsu si bungsu gitu. 

Best Moment :

Kesan & Pesan :
Kesan aku terhadap drama ini sangat bagus. Bisa ditonton ulang berkali-kali. Cocok buat ditonton sama semua anggota keluarga karena kissing scene-nya juga ga banyak hehehe.

Pesan dari drama ini yang aku tangkap adalah kita sebagai keluarga harus lebih terbuka, alih-alih cerita ke orang-oarang yang gak terlalu kenal sama kita. Saat kita ada masalah sama kakak atau adek dan saling benci buat waktu lama, kita mungkin gak tahu kalau orangtua bakal ikut stress mikirin alasannya. 
Intinya tak kenal maka tak sayang. Jadi biar makin sayang sama keluarga kudu saling kenal dan terbuka. 

Rating
⭐⭐⭐⭐⭐

Pokoknya ini drama layak tonton gaes (ealau gak sefenomenal TWOTM).

Link Download 

Episode 1                     Episode 2                     Episode 3                     Episode 4

Episode 5                     Episode 6                     Episode 7                     Episode 8

Episode 9                     Episode 10                   Episode 11                   Episode 12 

Episode 13                   Episode 14                   Episode 15                   Episode 16 


EmoticonEmoticon